Kamis, 11 Desember 2008

LKS IPA


Satuan pendidikan : Sekolah Dasar
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Semester : IV/II
Standar Kompetensi :
Memahami berbagai bentuk energi dan cara penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasar :
Mendeskripsikan energi panas dan bunyi yang terdapat di lingkiungan sekitar serta sifat-sifatnya.
Indikator :
1. Mendeskripsikan energi bunyi yang terdapat dilingkungan sekitar
2. Menyebutkan sifat-sifat energi bunyi
3. Membuat karya atau alat sederhana berupa telepon benang
Tujuan Pembelajaran :
Dengan memperhatikan penjelasan guru, siswa dapat:
1. Mendeskripsikan energi bunyi yang terdapat dilingkungan sekitar
2. Menyebutkan sifat-sifat energi bunyi
3. Membuat karya atau alat sederhana berupa telepon benang
Materi Pokok : “Perambatan bunyi”
Lembaran Kerja Siswa
(LKS)
“Membuat karya atau alat sederhana berupa telepon benang”

Masalah
• Apakah gelombang bunyi dapat juga merambat melelui benang?

Alat dan bahan
• Empat buah kaleng,
• Satu buah paku,
• Dua helai benang katoon (± 8 meter), dan
• Lilin.
Langkah kegiatan
• Lubangi bagian bawah kaleng (ditengah-tengah), dengan menggunakan paku,
• Masukkan tiap ujung benang, melalui masing-masing lubang,
• Simpul kedua ujung benang agar tidak terlepas,
• Minta dua orang siswa untuk memegang kedua ujung benang, dengan kaleng itu,
• Renggangkan (kendorkan) benang,
• Cobalah berbicara melaui kaleng itu, sementara siswa yang satu mendengarkan (lakukan secara bergantian),
• Regangkan (dikencangkan) benang,
• Cobalah berbicara, apakah suara teman yang berbicara diujung lain dapat didengarkan?
Tabel Data Pengamatan
No
Percobaan Gejala yang timbul
Dengar Tidak dengar
1 Benang direnggangkan (dikendorkan)
2 Benang diregangkan (dikencangkan)
3 Benang digosok dengan lilin
4 Benang dililit pada kayu (ditengah-tengah)
5 Benang dijepit dengan jari (ditengah-tengah)
6 Party Calling
Analisis Data
• Dari percobaan diatas, maka pada percobaan keberapakah, gelombang suara dapat didengar melalui benang, dan pada percobaan keberapakah, gelombang suara tidak dapat didengar melalui benang?
Kesimpulan
• Mengapa pada benang yang direnggangkan (dikendorkan), kita tidak dapat mendengar suara? Sedangkan pada benang yang diregangkan (dikencangkan), kita dapat mendengar suara?
Perluasan
• Mengapa pada telepon genggam, tidak menggunakan benang untuk menghantarkan gelombang suara?

Tidak ada komentar: