Kamis, 11 Desember 2008

PANDUAN LKS IPA


Satuan pendidikan: Sekolah Dasar
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Semester : IV/II
Standar Kompetensi :
Memahami berbagai bentuk energi dan cara penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasar :
Mendeskripsikan energi panas dan bunyi yang terdapat di lingkiungan sekitar serta sifat-sifatnya.
Indikator :
1. Mendeskripsikan energi bunyi yang terdapat dilingkungan sekitar
2. Menyebutkan sifat-sifat energi bunyi
3. Membuat karya atau alat sederhana berupa telepon benang
Tujuan Pembelajaran :
Dengan memperhatikan penjelasan guru, siswa dapat:
1. Mendeskripsikan energi bunyi yang terdapat dilingkungan sekitar
2. Menyebutkan sifat-sifat energi bunyi
3. Membuat karya atau alat sederhana berupa telepon benang
Materi Pokok : “Perambatan bunyi”
Lembaran Kerja Siswa
(LKS)
“Membuat karya atau alat sederhana berupa telepon benang”
Masalah
• Apakah gelombang bunyi dapat juga merambat melelui benang?
o Ya, gelombang bunyi dapat merambat melalui benang karena, benang merupakan salah satu jenis benda padat.
Alat dan bahan
• Empat buah kaleng,
• Satu buah paku,
• Dua helai benang katoon (± 8 meter), dan
• Lilin.
Langkah kegiatan
• Lubangi bagian bawah kaleng (ditengah-tengah), dengan menggunakan paku,
• Masukkan tiap ujung benang, melalui masing-masing lubang,
• Simpul kedua ujung benang agar tidak terlepas,
• Minta dua orang siswa untuk memegang kedua ujung benang, dengan kaleng itu,
• Renggangkan (kendorkan) benang,
• Cobalah berbicara melaui kaleng itu, sementara siswa yang satu mendengarkan (lakukan secara bergantian),
• Regangkan (dikencangkan) benang,
• Cobalah berbicara, apakah suara teman yang berbicara diujung lain dapat didengarkan?
Tabel Data Pengamatan

No
Percobaan Gejala yang timbul
Dengar Tidak dengar
1 Benang direnggangkan (dikendorkan) 
2 Benang diregangkan (dikencangkan) 
3 Benang digosok dengan lilin 
4 Benang dililit pada kayu (ditengah-tengah) 
5 Benang dijepit dengan jari (ditengah-tengah) 
6 Party Calling 
Analisis Data
• Dari percobaan diatas, maka pada percobaan keberapakah, gelombang suara dapat didengar melalui benang, dan pada percobaan keberapakah, gelombang suara tidak dapat didengar melalui benang?
o Dapat didengar, pada percobaan 2, 3, 4 dan 6
o Tidak dapat didengar, pada percobaan 1 dan 5
Kesimpulan
• Mengapa pada benang yang direnggangkan (dikendorkan), kita tidak dapat mendengar suara? Sedangkan pada benang yang diregangkan (dikencangkan), kita dapat mendengar suara?
o Karena tidak ada gelombang suara, dari sumber suara, yang dihantarkan melalui aliran suara (benang), kepenerima suara (pendengar).
o Karena semakin kencang benang, maka gelombang suara, dari sumber suara, yang dihantarkan melalui aliran suara (benang), kepenerima suara (pendengar) akan semakin jelas.
Perluasan
• Mengapa pada telepon genggam, tidak menggunakan benang untuk menghantarkan gelombang suara?
o Karena telepon genggam merupakan, gelombang elektromagnetik yang dihantarkan melalui udara.

1 komentar:

semu itu arti namaku mengatakan...

hmmmmm...... mantep tu, sambil belajar sambil bermain...