Sabtu, 02 Mei 2009

RPP IPS KELAS V

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN Lidah Wetan II
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosia
Kelas/Semester : V/I
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit (1 x pertemuan)

1. Standar Kompetensi:
Menghargai berbagai peninggalan dan tokoh sejarah yang berskala nasional pada masa Hindu-Budha dan Islam, keragaman kenampakan alam dan suku bangsa, serta kegiatan ekonomi di Indonesia.
2. Kompetensi Dasar:
Mengenal makna peninggalan-peninggalan sejarah yang berskala nasional dari masa Hindu-Budha dan Islam di Indonesia
3. Indikator:
a. Mengidentifikasi peninggalan sejarah Hindu-Budha dan Islam di Indonesia.
b. Menjelaskan pentingnya peniggalan sejarah Hindu-Budha dan Islam yang ada di Indonesia.
4. Tujuan Pembelajaran:
a. Melalui diskusi, siswa dapat mengindetifikasi peniggalan-peniggalan sejarah Hindu-Budha dan Islam di Indonesia dengan baik.
b. Melalui diskusi, siswa dapat menjelaskan pentingnya peninggalan sejarah Hindu-Budha dan Indonesia dengan baik.
5. Materi Pembelajaran: “ Peninggalan Sejarah Hindu-Budha dan Islam”
6. Model dan Metode Pembelajaran:
a. Model Pembelajaran : Pembelajaran Kooperatif tipe jigsaw
b. Metode Pembelajaran:
· Ceramah
· Tanya jawab
· Diskusi
· Penugasan

7. Langkah-Langkah Pembelajaran:
a. Kegiatan Awal
· Guru mempersiapkan siswa untuk belajar.
· Guru memberi motivasi kepada siswa dengan bertanya “ Siapa yang pernah melihat atau mendengar Candi Borobudur ?”
· Tanya jawab tentang pertanyaan yang diberikan guru.
b. Kegiatan Inti
· Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
· Guru menjelaskan atau menyajikan informasi yang akan di bahas.
· Guru membentuk siswa ke dalam beberapa kelompok secara heterogen (6 kelompok)
· Guru membagikan materi kepada masing-masing kelompok dan setiap anggota kelompok mebaca bagian yang telah ditugasakan dan bertanggung jawab untuk mempelajarinya (materi setip kelompok sama).
· Guru membagi siswa ke dalam kelompok ahli yaitu:
o Ahli 1 adalah anggota dari masing-masing kelompok yang ditugaskan membaca dan mempelajari tentang kerajaan Hindu di Indonesia
o Ahli 2 adalah anggota dari masing-masing kelompok yang ditugaskan membaca dan mempelajari tentang peninggalan sejarah Hindu di Indonesia.
o Ahli 3 adalah anggota dari masing-masing kelompok yang ditugaskan membaca dan mempelajari tentang kerajaan majapahit dan peranan gajah mada dalam mempersatukan Nusantara.
o Ahli 4 adalah anggota dari masing-masing kelompok yang ditugaskan membaca dan mempelajari tentang kerajaan dan peniggalan Agama Budha di Indonesia
o Ahli 5 adalah anggota dari masing-masing kelompok yang ditugaskan membaca dan mempelajari tentang peninggalan sejarah bercorak Islam di Indonesia.
o Ahli 6 adalah anggota dari masing-masing kelompok yang ditugaskan membaca dan mempelajari tentang kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia.
· Guru berkeliling untuk membimbing dan menilai siswa dalam bekerja kelompok dalam tim ahlinya masing-masing dan bertanya mengenai kesulitan-kesulitan yang dihadapai dalam bekerja.
· Setelah selesai diskusi kelompok ahli, siswa kembali ke kelompok asal untuk menjelaskan kepada masing teman-teman kelompok asal mereka mengenai materi yang telah dibahas dalam kelompok asli secara bergiliran dengan keahlian yang didapat.
c. Kegiatan Akhir
· Guru melakukan test hasil berupa kuis kepada siswa (secara individu).
· Guru mengumpulkan hasil pekerjaan siswa.
· Memberi PR (KTL : Rencana Tindak Lanjut)

8. Alat dan Sumber
a. Alat : Materi yang dibagikan kepada siswa (teks bacaan)
b. Sumber : Susilaningsih, Endang dan Limbong, Linda S, 2008. Ilmu Pengetahuan Sosial untuk SD/MI kelas 5. Jakarta:DEPDIKNAS
9. Evaluasi:
a. Hasil:
Butir soal : (kuis)
1. Kerajaan Hindu yang tertua di Indonesia adalah ?
2. sebutkan candi peninggalan Agama Hindu !
3. Tiga Dewa dalam ajaran Hindu disebut ?
4. Sebtukan Kitab peninggalan Hindu yang terkenal !
5. Siapakah pendiri kerajaan majapahit ?
6. Sebutkan kerajaan-kerajaan yang bercorak Budha !
7. Diamankah Arca Sang Budha Gautama pertama kali di temukan ?
8. Pada masa pemerintahan siapakah Kerajaan Sriwijaya mencapai puncak kejayaan ?
9. Siapakah pendiri Kerajaan Demak ?
10. Candi Borobudur dibangun pada abab ke berapa ?
11. sebutkan peninggalan-peniggalan sejarah yang bercorak Islam ?
12. Sultan Ibrahim adalah pendiri kerajaan apa ?
13. Pembangunan Masjid Agung Demak dipimpin oleh Sunan ?
14. Masjid Katangga merupakan peniggalan Islam dari kerajaan ?
15. Siapakah Patih yang terkenal dengan Sumpah Palapa ?

b. Proses:
Contoh format penilain proses

No Nama siswa Aspek yang dinilai Nilai akhir
Keaktifan Kerja sama Ketepatan Ketelitian
1 A 8 8 8 8 8
2 B 7 8 7 7 7,2
3 C 7 7 7 7 7
4 Dst… - - - - -

10. KTL (Kegiatan Tindak Lanjut)
Buatlah Peta Konsep mengenai peninggalan sejarah Hindu-Budha dan Islam di Indonesia !
Surabaya,….April 2009
Guru Kelas V

Luisanto K. Djawa
NIP:061644008

Tidak ada komentar: