Sabtu, 02 Mei 2009

RPP MATEMATIKA KELAS IV

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : IV/I
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit (1 x pertemuan)
1. Standar Kompetensi:
Menggunakan konsep keliling dan luas bangun datar sederhana dalam pemecahan masalah.
2. Standar Kompetensi:
Menentukan keliling dan luas jajargenjang dan segitiga.
3. Indikator:
a. Menentukan keliling segitiga
b. Menentukan luas segitiga
c. Menyelesaikan soal-soal keliling segitiga
d. Menyelesaikan soal-soal luas segitiga
4. Tujuan Pembelajaran:
Dengan mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat:
a. Menentukan keliling segitiga dengan benar
b. Menentukan luas segitiga dengan baik
Melalui diskusi, siswa dapat:
c. Menyelesaikan soal-soal keliling segitiga dengan baik
d. Menyelesaikan soal-soal luas segitiga dengan baik
5. Materi Pembelajaran: “Menentukan Keliling dan luas segitiga”
Keliling dan luas segitiga
· Keliling segitiga : keliling segitiga diperoleh dengan cara menjumlahkan semua sisinya. Keliling dilambangkan dengan huruf K. Sebagai contoh:
Misalkan segitiga ABC dengan panjang sisi masing-masing adalah AB = 40 cm, BC = 30 cm dan AC = 40 cm, maka keliling (K) adalah:
K = AB + BC + AC
= 40 + 30 + 40
= 110 cm
Jadi, keliling segitiga ABC adalah 110 cm.
Rumus Keliling segitiga adalah : K = AB+BC+AC
· Luas segitiga: L = panjang x lebar
2
Misalkan AB = alas segitiga = a
AD = tingggi segitiga = t
Luas daerah segitiga ABD dirumuskan sebagai berikut:

· Luas daerah segitiga ABD = L = a x t
2
Contoh soal :Sebuah segitiga ABC dengan alas segitiga(a) = 23 cm dan tingggi segitiga(t) = 34 cm. Berapa Luas segitiga ABC tersebut ?
Jawab: Luas segitiga = a x t
2
Luas segitiga ABC = 20 cm x 30 cm
2
= 60 cm2
2
= 30 cm2
Jadi, luas segitiga ABC adalah 30 cm2

6. Model dan Metode Pembelajaran:
a. Model Pembelajaran : Pembelajaran Kooperatif
b. Metode Pembelajaran:
· Ceramah
· Tanya jawab
· Penugasan
· Demonstrasi
· Diskusi

7. Langkah-Langkah Pembelajaran:

Fase Peran Guru
Fase 1
Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa · Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
· Guru memotivasi siswa dengan pertanyaan-petanyaan yang berhubungan dengan materi yang akan di ajarakan. Contohnya: siapa yang masih ingat pelajaran mengenai bentuk-bentuk bangun datar dan sifat-sifatnya?
· Tanya jawab mengenai pertanyaan diatas.
Fase 2
Menyajikan informasi · Guru menyajikan informasi kepada siswa dengan jalan demonstrasi.(lipatan kertas)
Fase 3
Mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok kooperatif · Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok secara heterogen dan membantu setiap kelompok agar melakukan transisi secara efisien.
· Guru membagikan LKS (terlampir) kepada masing-masing kelompok.
Fase 4
Membimbing kelompok bekerja dalam belajar · Guru berkeliling dan mengecek apakah siswa telah berhasil melakukan tugas dengan baik atau tidak.
· Guru menilai kinerja (proses siswa) secara individu pada saat mereka mengerjakan LKS yang dibagikan.
Fase 5
Evaluasi · Guru mengevaluasi hasil kerja kelompok dengan cara memberi kesempatan kepada masing-masing kelompok belajar untu kempresentasikan hasil diskusi di dpean kelas secara bergiliran dan kelompok lain menanggapi.
Fase 6
Memberikan penghargaan · Guru memberikan penghargaan kepada masing-masing kelompok yang telah tampil baik itu upaya maupun hasil belajar individu dan kelompok.
8. Alat dan Sumber
a. Alat : Kertas, Penggaris dan gunting.
b. Sumber : Tim Bina Matematika. 2007. Matematika Kelas IV Sekolah Dasar. Jakarta: Yudhistira.
9. Evaluasi:
a. Hasil:
Butir soal :
· Diketahui sebuah segitiga ABC dengan panjang sisi AB = 45 cm; BC = 45 cm dan AC = 30 cm. Hitunglah keliling segitiga tersebut !
· Diketahui sebuah segitiga sama sisi PQR memiliki panjang sisi PQ=14 cm. Hitunglah kelilling segitiga sama sisi tersebut !
· Diketahui segitiga siku-siku ABC memiliki panjang sisi AB= 7 cm dan panjang sisi AC=4 cm. Berapa luas segitiga ABC tersebut ?
· Diketahui sebuah segitiga sama sisi dengan panjang salah satu sisinya adalah 12 cm dan tinggi segitiga sama kaki tersebut adalah 9 cm. Hitunglah luas segitiga sama kaki tersebut !
b. Proses:
Contoh Format Penilain Proses

No Nama siswa Aspek yang dinilai Nilai akhir
Keaktifan Kerja sama Ketepatan Ketelitian
1 A 8 8 8 8 8
2 B 7 8 7 7 7,2
3 C 7 7 7 7 7
4 Dst… - - - - -
10. RKTL ( Rencana Kegiatan Tindak Lanjut)
Carilah barang-barang yang ada di sekitar rumah kalian yang berbentuk segitiga kemudian carilah keliling dan luas dari benda-benda yang kalian temukan.

Surabaya,….April 2009
Guru Kelas IV

Luisanto K. Djawa
NIP:061644008

Tidak ada komentar: